Harga bawang merah di Cirebon kembali naik

Cirebon (ANTARA News) – Harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional Cirebon, Jawa Barat, pada Minggu kembali naik hingga Rp 45.000 per kilogram, padahal sempat turun di kisaran Rp33.000 per kilogram.

Rokiman, pedagang bumbu di pasar Jagasatru, mengatakan bahwa harga bawang merah kembali meroket kini dijual eceran tembus Rp 45 ribu per kilogram, akibat kekurangan pasokan dari petani setempat.

Harga bawang merah sebelumnya sempat mencapai Rp 60.000 per kilogram, kata dia, dan saat pasokan lancar sempat turun menjadi Rp 33.000 per kilogram. Namun, bawang kini harganya kembali melambung karena jumlah permintaan tidak sebanding dengan pasokan.

Haryati, pedagang lain, mengemukakan bahwa harga bawang merah di Cirebon masih belum stabil, kini dijual eceran Rp 45.000,  sedangkan harga grosir Rp40.000 per kilogram, dan kiriman dari petani belum bisa ditentukan.

Melambungnya harga bawang merah di Cirebon, kata dia, akibat gagal panen yang dialami sejumlah petani di saat kebutuhan pasar cukup tinggi.

Manajer Koperasi Nusantara Jaya yang menjadi salah satu pengelelola petani bawang merah di Cirebon, Mudatsir, mengatakan bahwa persediaan bawang merah dari petani berkurang karena hasil panen musim hujan menurun.

Harga bawang merah tingkat petani kini mencapai Rp32.000 per kilogram, katanya.

Namun, ia mengemukakan, untuk eceran bisa mencapai Rp45.000 per kilogram. Petani bawang diperkirakan mampu menambah produksi saat panen pada April 2013.

Bagi petani bawang merah di Cirebon, menurut dia, mahalnya harga bawang merah juga akan menyulitkan mereka membeli bibit yang kini sudah mencapai Rp 25.000 per kilogram.

Harga stabil, dinilainya, pada kisaran Rp10.000 di tingkat petani, karena petani lebih nyaman dibandingkan harga mahal juga menyulitkan konsumen dan melimpah bawang merah impor. Hal ini bisa mengakibatkan harga saat panen raya bawang menjadi jatuh di bawah biaya modal mereka.
(T.KR-EJS/Y006)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s