tugas 6

Tugas 6
Apa Itu “Franchising” dalam Dunia Bisnis??
Franchising. Sebuah model bisnis yang sangat populer dalam 10 tahun terakhir ini.
Apakah metode bisnis ini cocok untuk kondisi Anda sekarang? Mari kita lihat…
Franchising Sempat Mendapat Banyak Kecaman Pada Masa Awal-awal dimulainya. Model Bisnis Ini Dianggap Tidak Etis, Tidak Bermoral, Potong Jalur, Cari Aman, Cari Mudah, Dan lain sebagainya.
Namun, seiring dengan perkembangan zaman, tingkat kompetisi bisnis yang tinggi, dan kesuksesan McDonalds, Sturbucks, dll., metode bisnis ini menjadi salah satu alternatif yang menjanjikan bagi kebanyakan orang. Mengapa?
Karena Model Bisnis Ini Memberikan Kesempatan Kepada Orang-orang Yang Ingin Berbisnis, Tapi Tidak Memiliki Pengalaman Dan Ketrampilan.
Franchising menyediakan sistem untuk Anda, pelatihan untuk Anda dan karyawan Anda, serta produk yang sudah terbukti diterima pasar.
Hmm.. sounds good, huh?
Tapi, Apakah Anda Tahu, Berapa Besar Modal Finansial Yang Harus Anda Siapkan Untuk Memulai Bisnis Franchising Yang Menjanjikan?
Sepanjang pengalaman dan pengetahuan kami, untuk membeli franchise dari perusahaan yang sedang-sedang saja (produk minuman), Anda memerlukan biaya Rp 300 juta untuk memulai, dan Anda harus membayar setidaknya Rp 50 juta per bulan sebagai franchising fee, ya.., setiap bulannya!
Oke, mari kita lihat data 10 franchising terbaik dunia dan nilai investasinya, yang saya kutip dari majalah Enterpreneur;
1. Subway; Sandwitch & Salad; Start-up Cost = US $74,9 ribu – US $222,8 ribu, Royalti = 8%.
2. Dunkin’ Donuts; Donat, Roti, Start-up Cost = US $179 ribu – US $1,6 juta, Royalti = 5,9%.
3. Jackson Hewitt Tax Services; Pelayanan Jasa Penghitungan Pajak Individual, Start-up Cost = US $48,6 ribu – US $91,8 ribu, Royalti = 15%.
4. 7-eleven, Inc.; Convenience Store, Start-up Cost = bervariasi, Royalti = bervariasi.
5. The UPS Store; Jasa Pengiriman, Start-up Cost = US $154 ribu – US $267 ribu, Royalti = 5%.
6. Domino Pizza; Pizza, Start-up Cost = US $141,4 ribu – US $415,1 ribu, Royalti = 5,5%.
7. Jiffy Lube; Pelumas, Start-up Cost = US $214 ribu – US $273 ribu, Royalti = 5%.
8. Sonic Drive In; Drive-in Restourant, Start-up Cost = US $861 juta, Royalti = 1%-5%.
9. McDonald’s; Restoran Cepat Saji, Start-up Cost = US $506 ribu – US $1,6 juta, Royalti = 12,5%.
10. Papa John’s; Pizza, Start-up Cost = US $250 ribu, Royalti = 4%.
Anda lihat angka-angka start-up cost diatas? Anda lihat berapa persen royalti yang harus Anda bayar kepada pemilik franchise?
Tidak heran kalau pada akhirnya orang yang membeli franchise adalah kebanyakan orang yang sudah kaya juga. Sehingga yang kaya akan semakin kaya dan yang miskin akan selalu menjadi konsumen orang-orang kaya.
Tapi, lupakan itu semua, bukan tanggung jawab Anda untuk membuat semua orang menjadi kaya. Jika Anda memiliki uang yang berlebihan, saya menyarankan Anda untuk mempertimbangkan memulai bisnis ini. Pilih produk yang sudah populer dan diterima pasar.
Memang ada franchise yang murah, tapi tentu saja income yang akan Anda dapatkanpun akan terbatas dan jangan terlalu berharap banyak dari support yang akan Anda dapatkan.
Untuk Anda yang memiliki dana terbatas, jangan berkecil hati, mungkin membeli franchise bukan hal yang cukup bijaksana jika kita ingat kembali kepada konsep “leveraging” yang sempurna.
Jika Anda membeli franchise, konsep dan prinsip leverage yang sempurna, tidak dapat Anda lakukan. Kenapa?
Karena Anda tidak dapat menjual hak franchise yang sudah Anda beli, kepada pihak lain. Sehingga pendapatan Anda tetap terbatas dari usaha Anda sendiri.
Trus gimana, dong? Bisnis apa yang dapat dimulai dengan modal kecil, resiko kecil, pendapatan tak terbatas, terjamin, ada prinsip leverage-nya, dan dapat di-wariskan???
Well…, Anda tahu nomer telpon saya, Anda tahu alamat e-mail saya, dan Anda tahu apa yang harus Anda lakukan jika Anda benar-benar menginginkannya!
Yang penting adalah, seberapa besar Anda menginginkan kehidupan yang jauh lebih membahagiakan dan bernilai tinggi? Karena apapun bisnis yang Anda pilih, jika Anda tidak memiliki mind-set yang benar dan tidak memiliki keinginan yang kuat untuk berhasil, maka semua akan menjadi percuma saja!
Dengan segala keterbatasan yang ada, bisnis franchising telah membuktikan diri sebagai sebuah bisnis yang menjanjikan dan patut menjadi pertimbangan. Jika Anda memiliki bisnis yang dapat di-franchise-kan, saran saya adalah segera lakukan itu!
Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan pendapatan residual dan mendapatkan leverage yang sempurna! (ya, untuk Anda sebagai pemilik franchise, bukan untuk orang yang membeli franchise Anda! Hehehehe….!).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s